Pages

Friday, May 10, 2013

Pengolahan Air Kotor dengan Konsep Redoks


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yanag Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Pengolahan Air Kotor dan Air Limbah Dengan Konsep Elektrolit dan Konsep Redoks tepat waktu.
Tujuan pembuatan makalah ini adalah memenuhi tugas terstruktur mata pelajaran Kimia.Selain itu pembuatan makalah ini juga bertujuan untuk menamabah pengetahuan bagi para pembacanya.
Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini sehingga makalah ini dapat selaesai tepat waktu.
Makalah “Pengolahan Air Kotor dan Air Limbah Dengan Konsep Elektrolit dan Konsep Redoks “ ditujukan kepada :
1.Bapak Suroto,selaku guru pembimbing mata pelajaran Kimia
2.Teman-teman kelas X
Penulis berharap makalh ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.Penulis mohon maaf apabila dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan.



                                                                                                            Purworejo,2011


                                                                                                                  Penulis


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.Latar Belakang Masalah

Berdasarkan judul makalah maka latar belakang masalah makalah ini adalah sekarang ini banyak daerah yang kekurangan air bersih apalagi pada saat musim kemarau tiba.Apalagi di daerah terpencil pasokan air bersih sering terlambat bahkan tidak ada.Walaupun begitu,pada saat musim hujan juga tidak jauh berbeda , walaupun hujan terus menerus sehingga mengakibatkan banjir air bersih juga tidak dapat didapat .Hal ini dikarenakan air hujan yang mangakibatkan banjir tersebut kotor.Ada juga masalah lain seperti pembuangan limbah tanpa diolah dahulu ke sembarang temapt sehingga air sumur bahkan air sungai yang kotor dapat tercemar limbah.

1.2.Tujuan

Berdasarkan judul dan latar belakang masalah maka tujuan dari pembuatan makalah ini adalah selain untuk memenuhi tugas terstruktur mata pelajaran Kimia,makalah ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi pembaca bagaimana cara pengolahan air ktor dan air limbah menjadiair bersih yang layak untuk dikonsumsi dan digunakan dimana pengolahanya menggunakan konsep redoks ( reduksi dan oksidasi ).

1.3.Manfaat

Berdasarkan judul makalah,latar belakang masalah,dan tujuan maka manfaat dari pembuatan makalah “Pengolahan Air Kotor dan Air Limbah Dengan Konsep Elektrolit dan Konsep Redoks “ adalah memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembaca tentang pengolahan air kotor dan air limbah dengan konsep redoks.Bagi para pembaca yang kreatif mungkin dapat mengembangkannya contoh: mencoba membuat alat untuk mengolah air kotor dan air limbah sehingga layak digunakan tentunya dengan menggunakan konsep redoks dan elektrolit.

1.4.Metode
Berdasarkan judul makalah,latar belakang masalah,manfaat dan tujuan pembuatan makalah maka,metode yang digunakan penulis untuk menyusun makalah ini adalah studi pustaka. Yaitu mencari di bahan bacaan seperti buku  Kimia kelas X dan internet.
BAB II
PEMBAHASAN



2.1.Pencemaran

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata “ pencemaran”. Kita sering membayangkan bahwa pencemaran itu identik dengan polusi. Namun apa sebenarnya pencemaran itu?
Pencemaran adalah masuknya polutan ke komponen hidup yang vital bagi kehidupan manusia dan sifatnya merusak sehingga merugikan kehidupan manusia.Dalam kehidupan manusia pencemaran dibedkan menjadi:

a.Pencemaran udara,yaitu pencemaran yang disebabkan oleh polutan seperti debu,gas beracun dan pencemaran tersebut terjadi diudara.
b.Pencemaran air,yaitu pencemaran yang disebabkan oleh polutan seperti limbah yang dibuang sembarangan ke air yang dapat berguna bagi kehidupan manusia.
c.Pencemaran tanah,yaitu pencemaran yang disebakan oleh bahan kimia yang masuka ke tanah dan mengakibatkan pengurangan zat-zat penting bagi kehidupan makhluk hidup.
d.Pencemaran suara,yaitu pencemaran yang disebakan olah suara yang begitu keras sehinnga mengakibatkan terganggunya kesehatan manusia baik sementara maupun permanen.
Dalam makalah “Pengolahan Air Kotor dan Air Limbah Dengan Konsep Elektrolit dan Konsep Redoks “ penulis akan membahas pencemaran yang berkaitan dengan judul makalah ini yaitu pencemaran air.Pecemaran air adalah masuknya polutan seperti  bahan-bahan kimia dan zat hidup yang sengaja dibuang ke daerah yang berair sehingga air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi oleh makhluk hidup dan jika dikonsumsi akan mengakibatkan keracunan.
Seperti yang yang ada di latar balakang masalah pembuatan makalah ini,air bersih sekarang sulit diperoleh oleh karena itu manusia harus mengembangkan cara untuk mengolah air bersih dengan praktis dan efisien.Sekarang banyak kita jumpai air yang tidak layak dikonsumsi karena air tersebut tidak memenuhi syarat untuk dikonsumsi dan digunakan.
Persyaratan secara fisik,kimia,radioaktif,dan mikrobiologi air bersih dan dapat dikonsumsi serta digunakan adalah sebagai berikut :
a. Syarat fisika diwujudkan dalam bentuk kekeruhan, bau, warna, dan rasa.
b.Syarat kimia menunjukkan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam air tidak boleh berlebihan.
c.Baik tidaknya kualitas air secara biologis ditentukan oleh jumlah mikroorganisme patogen dan nonpatogen.
Mikroorganisme patogen bisa berwujud bakteri, virus, atau spora pembawa bibit penyakit. Sebaliknya yang non patogen, meskipun relatif tidak berbahaya bagi kesehatan, kehadirannya akan menimbulkan rasa dan bau yang tidak enak.
d.Syarat radiologis berarti air harus bebas dari pencemaran bahan bersifat radioaktif.
Berdasarkan syarat-syarat tersebut maka, air limbah dan air kotor tidak layak untuk dikonsumsi.namun apabila tidak ada pilihan lagi dan air bersih tidak tersedia syarat-syarat tersebut biasanya diabaikan oleh manusia yang tidak memiliki persediaan air bersih.Oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam menciptakan alat pengolah air kotor dan air limbah yang sederhana namun sangat praktis dan berguna.
2.2.Metode Pengolahan Air Kotor dan Air Limbah
Berdasarkan sumber,terdapat beberapa metode untuk mengolah air kotor dan air limbah.Metode tersebut anatara lain:
a.Metode penggunaan konsep elektrolit dan redoks
b. Membran canggih penapis air kotor
c. Pengolahan Air Secara Fisik dengan Menggunakan Metode Penyaringan (Filtrasi).
d. Teknologi Tepat Guna Penjernihan Air Dengan Biji Kelor (Moringa Oleifera)
e. Saringan kain katun
f.Saringan kapas
g.Aerasi
h.Saringan pasir lambat
i.Saringan pasir cepat
k. Gravity-Fed Filtering System ( gabungan dari metode saringan pasir lambat dan sringan pasir cepat )
l.saringan arang
m.Saringan air sederhana ( tradisional )
n.Saringan Keramik
o.Saringan cadas/jempeng/lumpang batu
p.Saringan tanah liat
q.Sistem osmosis balik
2.3.Pengolahan Air Kotor dan Air Limbah Dengan Konsep Elektrolit dan Konsep Redoks
Dari beberapa metode pengolahan air kotor dan air limbah yang telah disebutkan,penulis akan membahas pengolahan air ktor dan air limbah dengan konsep elektrolit dan konsep redoks.
Dalam hal pengolahan air bersih dan air limbah menjadi air bersih sehingga dapat dikonsumsi yaitu dengan menggunakan konsep elektrolit dan konsep redoks yaitu dengan memanfaatkan reaksi penguraian oleh mikrooorganisme yang juga merupakan reaksi redoks.
Dalam hal ini pengolahan air kotor dan air limbah tersebut menggunakan metode lumpur aktif. Pengolahan air kotor dan air limbah menggunakan metode lumpur aktif terbagi bdalam beberapa tahap yaitu:
a.Tahap primer
b.Tahap sekunder
c.Tahap tersier

A.Tahap Primer
Dalam tahap primer reaksi redoks dimaksudkan untuk memisahkan sampah yang tidak terlarut dalam air,seperti lumpur,minyak,dan limbah lain.Cara memisahkannya dapat melalui penyaringan dan sedimentasi ( pengendapan ). Ada metode penyaringan yang menerapkan konsep elekrolit dan redoks yaitu elektrodialisis. Tujuan elektrodialisis adalah untuk menghilangkan kandungan garam di dalam air.


B.Tahap Sekunder
Dalam Tahap sekunder,peroses oksidasi dimaksudkan untuk menghilangkan BOD (biochemical oxygen demand ) yaitu banyaknya oksigen yang diperlukan oleh bakteri aerob untuk untuk menguraikan cara dengan sampah organik.
Lumpur aktif adalah lumpur yang kaya akan bakteri aerob.Bakteri aerob adalah bakteri yangdapat menguraikan sampah organik degan cara mengalami biodegradasi (oxygen-demanding materials) .
Tahap sekunder:
a.Bakteri aerob mengubah sampah organik menjadi biomassa dan gas CO2 di dalam air.Sementara nitrogen organikdiubah menjadi amonium dan nitrat,fosforus organik diubah menjadi fosfat.
b.Biomassa hasil biodegradasi berada dalam tangki aerasi hingga bakteri melewati log fase.
c.Mengalami flokulasi membentuk padatan yang lebih mudah mengendap.Dari tangki pengendapan,sebagian lumpur dibuang,yang lain disirkulasikan ke dalam tangki aerasi.
Kombinasi antara bakteri dalam konsentrasi tinggi dan lapar (dalam Lumpur yang disirkulasi) dengan jumlah nutrien yang banyak (dalam air kotor), memungkinkan penguraian dapat berlangsung dengan cepat. Penguraian dengan metode Lumpur aktif hanya memerlukan beberapa jam.
C.Tahap Tersier
Tahap tersier dilakukan untuk maksud menghilangklan sampah lain yang masih tertinggal atau tidak tersaring dalam tahap primer dan tahap sekunder.Sampah yang dimaksud sperti,limbah organik beracun,logam berat dan bakteri.




BAB III
PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan tentang pencemaran,metode yang digunakan untuk mengolah air kotor dan air limbah,serta pengolahan air kotor dan air limbah dengan konsep elektrolit dan konsep redoks maka kesimpulan makalah ini adalah sekarang banyak daerah yang mengalami krisis air bersih pada musim kemarau maupun musim penghujan.Masyarakat yang biasanya mengalami krisis ini adalah masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.Hal ini dikarenakan orang-orang membuang limbah yang belum diolah terlebih dahulu contoh:limbah industri dan limbah rumah tangga.Hal ini semakin memperparah krisisa air bersih di kota tersebut.Oleh karenaitu perlu diciptakan alat pengolah  air kotor dan air limbah yang efisien zeta dapat digunakan setiap orang untuk memperolae air bersih yang layak dikonsumsi dan digunakan.Dengan penerapan konsep elektrolit dan konsep redoks kita dapat maemperoleh air bersih.Dalam penerapan kedua konsep tersebut kita dapat menggunakan metode lumpur aktif.



DAFTAR PUSTAKA

separador

2 comments:

Obat Sirosis Hati Alami said...

wah sangat bermanfaat, ini dasar dari produk yang di iklan itu ya.. hehehe

Tommy said...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical

Post a Comment

Total Pageviews

Categories

Followers